aisyah dan maisyah (from @ahmadgozali tweets)

8 Jun

Aisyah adalah istri Rasulullah SAW yang paling sering dibahas dalam sejarah. Aisyah adalah icon istri idaman para lelaki bujangan. #AiMa

Maisyah artinya sumber nafkah… api pembakar tungku di dapur, bensin penggerak mesin rumah tangga, perannya kecil tapi penting. #AiMa

Aisyah & Maisyah adalah 2 hal yang menjadi faktor tarik-ulur para pemuda di penghujung masa lajangnya….. #AiMa

“Aisyah sih sudah ada, tapi maisyahnya belum siap.” Begitu kilah para pemuda ketika ditanya oleh ustadznya untuk segera menikah… #AiMa

Maka setelah lulus kuliah, para pemudi sudah pasang sign “Yes, I’m ready…!” Tapi sayang, para pemuda masih duduk bimbang di pojok mesjid. #AiMa

Pemuda jomblo: “cari Aisyah dulu apa maisyah dulu ya… pusying ah.” #AiMa

Coba perhatikan perbincangan di kalangan jomblo saat menghadiri akad nikah atau resepsi pernikahan. Pemuda & Pemudi beda bahasannya. #AiMa

Para pemudi colek pengantin, tanya bagaimana perasaannya, kenal dimana, dll | Pemuda colek pengantin & tanya “abis berapa lu?” #AiMa

Di sini lah para pemuda harus diluruskan pemahamannya. Mereka menunda menikah hanya dengan alasan belum ada biaya tuk resepsi yang mahal. #AiMa

Wahai para pemuda, ketahuilah… semahal-mahal biaya resepsi, masih bisa nego, masih bisa juga patungan…. #AiMa

Tapi semurah-murahnya biaya hidup setelah menikah, itu tanggungjawabmu sendiri sebagai suami….! #AiMa

Saya ulangi: “Semahal apapun biaya resepsi, bisa nego & patungan. Tapi semurah apapun bea hidup, harus dari kantong sendiri” #AiMa

Maka benahi prioritasmu… mengusahakan maisyah BUKAN untuk biaya resepsi, tapi untuk biaya hidup MANDIRI sesudah menikah. #AiMa

Jadi kalo nabung abis-abisan buat pesta besar, lalu setelah itu numpang sama mertua, itu namanya TER…LA…LU…!!! #AiMa

Tunda pernikahan dengan alasan belum punya dana buat resepsi, tapi malah ngabisin duit buat pacaran sana sini, itu namanya TER…LA…LU… #AiMa

Tapi bagaimana kalau emang buat biaya hidup saja sepertinya blm cukup…? Silakan baca QS.24:32 #AiMa

Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah maha luas (pemberian-Nya) lagi maha mengetahui.“(QS.24:32) #AiMa

HANYA dengan menikah saja, Allah berikan rezeki… apalagi kalau setelah menikah menjadi tambah tanggungjawab, tambah semangat berusaha. #AiMa

Tapi gimana kalo camer yang minta pesta pernikahan seperti ini itu..? | Statusnya msh camer kan? Kalo gak sanggup, berarti gak jodoh! Simple! #AiMa

Lulus kuliah alasannya belum kerja. Sudah kerja alasannya belum karyawan tetap. Sudah diangkat, ada lagi alasannya ini itu…. #AiMa

Nunggu mapan baru nikah? Apa Nikah agar menjadi mapan? #AiMa

Belum punya rumah, belum punya kendaraan, belum punya gaji tinggi … Itu cuma alasan. Yang benar adalah belum punya NYALI #AiMa

Kalau Anda menunggu mapan, agar bisa menarik hati wanita agar mau dinikahi… Kira-kira apa ya alasannya dia mau? #AiMa

Istilah Sakinah-Mawaddah-Warahmah: Damai-Cinta-Kasih…. ini adalah tangga urutan tiada Kasih tanpa Cinta, & tiada Cinta tanpa Damai. #AiMa

Sakinah-Mawaddah-Warahmah itu hadir setelah menikah. Sakinah itu artinya damai, tenang, mapan. Artinya mapan baru hadir setelah menikah. #AiMa

“Maisyah udah ada, tapi Aisyah belum ketemu.” Itu juga alasan. Yang benar adalah belum ketemu NYALI untuk nyari Aisyah. #AiMa

Untuk para pemuda, jangan tunggu mapan. Yg penting BERPENGHASILAN, sanggup bertanggungjawab menafkahi istri. #AiMa

Untuk para pemudi, jangan tunggu pemuda tampan berkuda putih menjemputmu. Siapkan diri juga secara finansial. Siap start dari NOL. #AiMa

Oke, niat sdh mantap. Aisyah sdh siap. Maisyah sdg dijemput. Lanjut Bab-2 tentang Taaruf & Seleksi (ttp dari kacamata keuangan ya….) #AiMa

Boleh gak sih pertimbangkan HARTA dari calon suami/istri? Boleh aja, tapi jangan jadikan sebagai pertimbangan utama ya. #AiMa

Ingat rumus: Agama=1, Fisik=0, Keturunan=0, Harta=0, dan lain-lain nilainya 0 juga. Coba urutkan kriteria tsb tuk dpt nilai yg tinggi. #AiMa

Kalo kriterianya: Ganteng+Baikhati+DarahBiru+KayaRaya+AgamaOK, maka nilainya 00001. Alias 1 aja. #AiMa

Coba kriterinya diubah… AgamanyaOK+Cantik/Ganteng+Pinter+KeturunanBaik2+KayaRaya, nilainya 10000… Makin banyak 0 makin bagus! #AiMa

Ingat pepatah bilang.. “Tak kenal, maka ta’aruf”…. ini menjadi tahap yang penting juga lho. #AiMa

Apa yg perlu dikenal dari calon pasangan? intinya sih penghasilan, gaya hidup, hutang,…. Tapi bagaimana cara tanya yang elegan? #AiMa

Banyak pemudi yang ragu kalo harus tanya “emang gajimu berapa?” tak sedikit pula pemuda yang gak mau terbuka kecuali ditanya. #AiMa

Cewe matre: “mo ngasi makan apa lo berani ngelamar?” | cewe solehah: “jelaskan, bagaimana caramu membawa makanan halal dalam rumah kita?” #AiMa

Luruskan niat, tanya penghasilan bukan karena matre. Tapi minta kepastian bahwa hanya lelaki bertanggungjawab yang boleh menikahimu. #AiMa

Luruskan niat, cerita tentang maisyah bukan karena sombong…. tapi meyakinkan calonmu bahwa hanya harta halal yang akan dibawa pulang ke rumah. #AiMa

“Malu mau jujur kasi tau, gajiku kan kecil, nanti ditolak….” Ada yang beralasan begini? #AiMa

Jika Anda ditolak krn dianggap penghasilannya kecil. berBAHAGIAlah…. karena Anda telah diselamatkan dari bahaya yang sangat besar. #AiMa

Bayangkan seperti apa jadinya rumah tangga jika Anda mengaku berpenghasilan besar agar diterima mertua. Bahaya yang sangat besar. #AiMa

Jangan bandingkan fasilitas calon suami (yang baru berapa tahun/bulan kerja) dengan fasilitas orang tua di rumah (yang sudah puluhan tahun kerja). #AiMa

Maka wajar kalo harus ngontrak di rumah dalam gang becek gak ada ojek. Start bersama dari nol itu lebih nikmat, jadi kenangan sampe tua. #AiMa

Jangan nilai calonmu dari penghasilannya sekarang. Tapi nilailah ia dari potensinya di masa yg akan datang. (kata istri saya tuh.. ihik) #AiMa

Menunda pernikahan karena masalah keuangan, akan membuat Anda terjerumus pada masalah keuangan yang lebih besar di masa depan. #AiMa

Masuk usia pensiun, anak masih belum lepas nafkah. Melahirkan anak di usia di atas 35 tahun berisiko tinggi. Asuransi jadi lebih mahal, dll #AiMa

Bagaimana meyakinkan orang tua…? Yakinkan dulu diri sendiri, agar mantap ketika meyakinkan orang lain. #AiMa

sumber : @ahmadgozali

Advertisements

One Response to “aisyah dan maisyah (from @ahmadgozali tweets)”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Lelaki terkaya di dunia… >> Ukhti Shalihah - October 5, 2011

    […] ( KulTwitMengenang Perjalanan Menuju Pernikahan (2)BERCERITA TENTANG JODOHMemilih Pasangan Hidupaisyah dan maisyah (fromMenikah Muda?Membangun keluarga Sakinah, Mawaddah, Warahmah.Istri-istri Rasulullah(belum) Sakinah […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: